kartul BAB1
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Dengan berkembangnya
dunia teknologi informasi saat ini, telah tercipta jenis-jenis dan peluang
bisnis yang baru. Dimana transaksi bisnis banyak dilakukan secara elektronik
dan dapat diakses oleh semua golongan usia, terlebih kalangan muda yang tampaknya
tidak bisa terlepas dari gadget mereka dan kita mengenalnya dengan sebutan
anak-anak/generasi milenial. Anak-anak/generasi millennial ini sangat up-date
dengan perkembangan teknologi dan menginginkan segala sesuatu yang praktis
(dapat dioperasikan lewat gadget), cepat, di segala tempat dan disetiap waktu
tanpa harus secara khusus membuang energi untuk pergi ke bank dan bersedia
antri, hanya untuk sekedar transfer, membeli pulsa, mengisi e-money ataupun
untuk membayar uang sekolah dan lain sebagainya.
Sebagai solusi atas kebutuhan generasi millennial
tersebut, perbankan menyediakan fasilitas e-banking
(elektronik banking) yang dapat dengan mudah diaplikasikan. Dengan cukup
mendownload aplikasi mobil banking baik melalui android (play store) maupun i-phone
(app store) di handphone kita, maka dengan begitu kita sudah bisa melakukan
transaksi perbankan yang kita inginkan seperti pembelian pulsa, belanja online,
transfer ke antar rekening bank maupun ke bank lain di dalam negeri dan
lain-lain. Guna memenuhi tuntutan yang lebih luas maka perbankan mengembangkan
produk E-banking kedalam 2 jenis yaitu, e-banking berbasis konvensional dan
e-channel. E-banking berbasis e-channel meliputi: Automatic Teller Machine (ATM), Electronic Data Capture
(EDC)/Point Of Sales (POS), Internet Banking, SMS Banking, Mobile Banking
dan Electronic Commerce
(e-Commerce). ATM non Tunai dan CDM (Cash Deposit Machine) dapat
digunakan untuk menyetor uang melalui mesin ATM dan e-banking berbasis personal
chennel atau perangkat piranti bertransaksi yang dimiliki individu. Seperti
internet banking dan mobile banking.
1.2 Perumusan
Masalah
Ø Apa itu e-banking?
Ø Apakah e-banking sudah sesuai dengan kondisi
dan kebutuhan masyarakat saat ini?
Ø Bagaimana teknologi informasi bisa menjadi
solusi terhadap kebutuhan generasi millennial untuk mengenal dan melakukan
transaksi perbankan kapan saja?
1.3 Pembatasan
Masalah
Agar sasaran
pembahasan atas rumusan masalah tercapai, maka perlu adanya pembatasan
objek/masalah yaitu peranan e-banking khususnya mobile banking untuk generasi
millennial.
1.4 Tujuan
Penelitian
Ø Mengenal lebih dekat siapakah yang dimaksud
sebagai generasi millennial.
Ø Agar generasi millennial tidak buta dan lebih
mengenal perkembangan transaksi perbankan dan up to date.
Ø Mempermudah dalam menjalankan transaksi
keuangan melalui gadget.
Ø Aman dan nyaman bagi generasi millennial
dalam menjalankan transaksi perbankan secara praktis, cepat, kapan saja dan
dimana saja.
1.5 Teknik
Pengumpulan Data
Dalam penulisan karya
tulis ini, penulis menggunakan study pustaka beberapa sumber data melalui media
buku, internet, brosur dan angket.
Komentar
Posting Komentar